Dinamika Penyuluhan Pertanian

 

Secara definitif, penyuluhan pertanian merupakan jenis pendidikan nonformal yang ditujukan bagi petani dan keluarganya serta para praktisi di bidang pertanian, dengan materi, media dan metode tertentu agar petani mau, mampu beradaptasi, meniru dan ‘self-efficacy’ dalam meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan meningkatkan keterampilan agar produktivitas usaha tani meningkat, pendapatan meningkat dengan dukungan informasi pasar yang akan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan petani dan keluarganya. Dari definisi ini, penyuluhan merupakan ilmu aplikatif sekumpulan bidang ilmu seperti ilmu pertanian, komunikasi, psikologi, antropologi, pendidikan orang dewasa serta sosial budaya. Jadi, fokus kegiatan penyuluhan pertanian intinya meningkatkan serta mengembangkan produktivitas pertanian.

Penyuluhan pertanian adalah ‘ujung tombak’ pembangunan pertanian di Indonesia. Mengabaikan kegiatan penyuluhan sama saja membiarkan pembangunan pertanian tidak memiliki arah. Menyelenggarakan penyuluhan yang efektif untuk menyukseskan pembangunan pertanian membutuhkan ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam tentang hal ini. Buktinya, bangsa Indonesia tidak pernah melupakan ‘success story’ tentang keberhasilan penyuluhan pertanian dengan ‘sistem training and visit (model LAKU) yang mampu mencapai swasembada beras tahun 1984. Sejak diberlakukan model LAKU tahun 1980, Indonesia yang dikenal sebagai negara pengimpor beras terbesar sampai tahun 1980, namun hanya dalam waktu empat tahun yakni tahun 1984, Indonesia mampu mencapai swasembada beras. Atas dasar itu maka buku ini sangat relevan dengan upaya Indonesia untuk menyukseskan pembangunan pertanian dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan, agribisnis dan penghasil devisa.

Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Machidolia. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.

Kelebihan Belanja Di Toko Machidolia:

*Buku Baru
*Original
*Pengiriman Cepat
*Stok selalu tersedia
*Packing aman & rapi
*Garansi 100% jika produk rusak/cacat/tidak sesuai KAMI GANTI atau UANG ANDA KEMBALI

Langsung saja checkout dari marketplace favorit dengan cara klik link di bawah ini

PenulisDr. Ir. Leta Rafael Levis, M.Rur., Mnt.
PenerbitDeepublish
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuPertanian
ISBN978-623-02-4437-7
Ukuran15.5×23 cm
Halamanx, 159 hlm
KetersediaanPesan Dulu
Tahun2022

Posting Komentar