Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi UMKM Bertahan Di Masa Pandemi

 

Buku Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Peranan penting UMKM dalam menopang perekonomian serta kemampuannya dalam menyerap tenaga kerja memberikan kontribusi yang positif bagi pertumbuhan ekonomi. Sejumlah data menunjukkan sumbangsih UMKM terhadap PDB sebesar 60 persen serta kemampuannya dalam mengurangi pengangguran lebih dari 90 persen tenaga kerja di Indonesia. Kemampuan UMKM dalam ekspor nasional kontribusinya 14 persen dari total ekspor. Bidang padat karya yang menjadi karakteristik UMKM mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja dalam serapan tenaga kerja produktif namun pada tingkat pendidikan yang tidak tinggi, menjadi jalan dalam pengurangan jumlah pengangguran.

Permasalahan krusial juga menyertai perkembangan UMKM yang masif. Terdapat tiga klasifikasi permasalahan, yaitu: permasalahan klasik dan mendasar (permodalan, SDM, pengembangan produk, dan pemasaran); permasalahan pada umumnya yang melibatkan pihak terkait dalam (prosedur peminjaman, hukum, pajak, agunan); serta permasalahan lanjutan seperti penetrasi pasar ekspor, pemahaman desain produk yang sesuai segmentasi pasar, perizinan, hak paten, dan prosedur kontrak).

Peran pemerintah sebagai stabilisasi dan pemangku kebijakan penting dalam mendukung pertumbuhan UMKM. Pelatihan, pendampingan, pembinaan melalui peran instansi terkait khususnya di era digitalisasi dan industri 4.0 dapat pemerintah lakukan melalui program yang mengajak masyarakat pelaku UMKM mengadopsi teknologi digital dalam strategi bertahan khususnya di masa pandemi ini. Digitalisasi dalam pembiayaan, permodalan, serta segi digitalisasi pendaftaran administrasi UMKM seperti saat pengajuan kredit pinjaman modal serta izin usaha akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan UMKM dari segi efisiensi. Kemudahan perkembangan UMKM dalam digitalisasi akan membantu pelaku bisnis dalam ekspansi bisnis serta peningkatan produktivitas bisnis.

Buku Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.

Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Machidolia. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.

Kelebihan Belanja Di Toko Machidolia:

*Buku Baru
*Original
*Pengiriman Cepat
*Stok selalu tersedia
*Packing aman & rapi
*Garansi 100% jika produk rusak/cacat/tidak sesuai KAMI GANTI atau UANG ANDA KEMBALI

Langsung saja checkout dari marketplace favorit dengan cara klik link di bawah ini

Strategi UMKM Bertahan Di Masa Pandemi

PenulisAnindita Trinura Novitasari, M.Pd.
PenerbitDeepublish
KategoriReferensi
Bidang IlmuEkonomi
ISBN978-623-02-4149-9
Ukuran15.5×23 cm
Halamanxii, 77 hlm
KetersediaanPesan Dulu
Tahun2022






















Posting Komentar untuk "Strategi UMKM Bertahan Di Masa Pandemi"