Hukum Administrasi Negara


Hukum Administrasi Negara: Fenomena Hukum di Ruang Publik

Hukum administrasi negara adalah cabang independen dari hukum publik yang memastikan berfungsinya lembaga administrasi negara seperti yang ditetapkan dalam sumber hukum yang relevan. Selain itu, kajian hukum administrasi negara pada dasarnya akan mempelajari transformasi administrasi publik sesuai dengan perkembangan doktrin hukum administrasi (Agapova & Palkova, 2020; Gluck, 2015). Pada prosesnya, Hukum administrasi negara akan menentukan ketertiban yang meliputi:

  1. Efektifitas fungsi administrasi publik (public administration).
  2. Melindungi individu dari kegiatan illegal negara.
  3. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan administrasi publik.

Dewasa kini, telah dianggap cukup rasional ketika banyak pihak mengklaim bahwa administrasi publik adalah kompleks, bahkan mekanisme publik yang paling kompleks. Administrasi dicirikan oleh sub-ordinasinya terhadap tujuan-tujuan tertentu yang ditentukan oleh para pembuat regulasi. Karena tujuan masyarakat (politik) yang termasuk dalam undang-undang terus mengalami perubahan, maka administrasi publik yang merupakan instrumen untuk mencapai tujuan tersebut harus terus beradaptasi pada setiap reformasi tersebut. Ini berarti bahwa struktur kelembagaan administrasi publik harus terus[1]menerus dibentuk, ditata ulang dengan berbagai prosedur baru yang harus ditetapkan atau prosedur yang ada harus diubah untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam undang-undang. Oleh karena itu, kunci daripada administrasi publik adalah efisiensi, akan tetapi sejauh ini hanya berhasil dicapai di atas kertas dan masih belum berjalan secara berkesinambungan (Agapova & Palkova, 2020)

Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Machidolia. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.

Kelebihan Belanja di Toko Machidolia:

  • Buku Baru
  • Original
  • Pengiriman Cepat
  • Stok selalu tersedia
  • Packing aman & rapi
  • Garansi 100% jika produk rusak/cacat/tidak sesuai KAMI GANTI atau UANG ANDA KEMBALI

Langsung saja checkout dari marketplace favorit dengan cara klik link di bawah ini

PenulisDr. Ardiansyah, S.H., M.H.
PenerbitDeepublish
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuHukum
ISBN978-623-02-4409-4
Ukuran15.5×23 cm
Halamanxii, 178 hlm
KetersediaanPesan Dulu
Tahun2022


Posting Komentar