Dasar Kesehatan Lingkungan

 

Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama ekologi, bab kedua teori dasar kesehatan lingkungan, bab ketiga higiene dan sanitasi, bab keempat sanitasi tempat umum, bab kelima simpul-simpul perjalanan penyakit & riwayat alamiah penyakit berkaitan dengan lingkungan, bab keenam penyediaan air bersih, bab ketujuh pencemaran udara, bab kedelapan limbah padat, cair dan bahan berbahaya beracun, bab kesembilan pengendalian vektor dan bab terakhir perubahan iklim dan kesehatan lingkungan.

Ekologi merupakan salah satu cabang biologi. Ekologi yaitu ilmu pengetahuan tentang hubungan antara organisme dan lingkungannya atau ilmu yang mempelajari faktor lingkungan terhadap jasad hidup. Ada juga yang mengatakan bahwa ekologi adalah suatu ilmu yang mencoba mempelajari hubungan antara tumbuhan, binatang dan manusia dan lingkungannya dimana mereka hidup, bagaimana lingkungannya dan mengapa mereka ada disitu. Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “oikos” (rumah atau tempat hidup) dan “logos” (ilmu). Secara harfiah ekologi adalah pengkajian hubungan organisme-organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya. Ekologi hanya mempelajari apa yang ada dan apa yang terjadi di alam dengan tidak melakukan percobaan.

Menurut Odum (1971) ekologi mutakhir adalah suatu study yang mempelajari struktur dan fungsi ekosistem atau alam dimana manusia merupakan bagian dari alam. Struktur disini menunjukan suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk kerapatan/ kepadatan, biomas, penyebaran potensi unsur-unsur hara (materi), energi, faktor-faktor fisik dan kimia lainnya yang mencirikan keadaan sistem tersebut. Fungsi ekosistem menggambarkan hubungan sebab akibat yang terjadi dalam sistem. Jadi pokok utama ekologi ialah mencari pengertian bagaimana fungsi organisme di alam.

Buku Dasar Kesehatan Lingkungan ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.

Dapatkan buku-buku terbitan Penerbit Deepublish yang original dan berkualitas hanya di Toko Buku Online Machidolia. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap, kamu pasti mendapatkan buku yang di cari.

Toko Buku Machidolia tersedia di Shopee, Tokopedia, dan Lazada.  Silahkan pilih marketplace favorit Kakak dengan mengklik link tersebut

Buku Dasar Kesehatan Lingkungan

PengarangOdi Roni Pinontoan dan Oksfriani Jufri Sumampouw
InstitusiUniversitas Sam Ratulangi
PenerbitDeepublish
Bidang IlmuKesehatan
ISBN978-602-475-881-3
Ukuran14×20 cm
Halamanx, 257 hlm
KetersediaanPesan Dulu
Tahun Terbit 2018











 



Posting Komentar