Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Statistika Terapan & Indikator Kesehatan

Buku Statistika Terapan & Indikator Kesehatan 

Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama statistik dan data, bab kedua pengumpulan data, bab ketiga pengolahan data dan bagan analisis data, bab keempat statistik deskriptif, bab kelima indikator kesehatan, bab keenam estimasi, bab ketujuh probabilitas, bab kedelapan uji hipotesisi, bab kesembilan statistik uji normalitas, bab kesepuluh statistik uji komparasi dan bab terakhir statistik uji korelasi.

Statistik merupakan kumpulan angka, alat, metoda untuk menjelaskan suatu fenomena kejadian dengan berdasarkan data. Kenyataan sebenarnya banyak manfaat yang dapat diambil dengan mempelajari statistik. Banyak orang yang ingin mendalami statistik, namun suatu mitos kesukaran telah membelenggu terlebih dahulu, sehingga orang merasa sulit belajar statistik. Banyak orang yang membutuhkan statistik, namun mitos kerumitan menghadang, sehingga takluk sebelum bertanding, sebenarnya statistik mudah dipelajari.

Kadangkala pengguna statistik paham dengan berbagai rumus yang disajikan, namun untuk menerapkan masih merasa kebingungan dan keraguan. Berdasarkan keadaan tersebut penulis terdorong untuk menyajikan rumus-rumus statistik dengan teori yang sederhana dan memberikan contoh penerapan rumus tersebut, sehingga mudah dipahami dan dipergunakan serta menjembatani untuk mempelajari statistik yang lebih dalam. Data dalam buku ini hanya data fiktif rekayasa penulis, untuk sekedar contoh penerapan rumus, bukan data hasil riset.

Pengembangan statistik dalam bidang kesehatan telah banyak dilakukan orang, namun informasi berkaitan dengan indikator kesehatan teoritis jarang yang mempublikasikan. Pada kesempatan ini penulis memaparkan secara jelas rumus-rumus untuk menghitung indikator kesehatan, vital statistik, biostatistik, statistik demografi, khususnya pelayanan kesehatan, kesakitan, kependudukan dan derajat kesehatan umumnya serta SDGs.

Kata statistik berasal dari bahasa Latin “Ratio Status” yang dalam bahasa Itali ekivalen dengan kata “Regio`n di stato”. Istilah tersebut muncul pada awal abad pertengahan, biasa digunakan untuk menyatakan hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran tentang kenegaraan. Kemudian berkembang istilah “statistia” yang berarti orang yang berkecimpung dalam urusan keadaan kenegaraan atau ahli negara.

PengarangTri Cahyono
Harga    Rp. 175,000
Berat    800 gr
Bidang IlmuMatematika
ISBN978-602-475-865-3
Ukuran17.5×25 cm
Halamanxii444 hlm
KetersediaanPesan Dulu
Tahun Terbit 2018

#machidolia  # statistikaterapanindikatorkesehatan    #statistika
Untuk keterangan lebih lanjut dan order bisa di wa ke nomor :  085156566085


Posting Komentar untuk "Buku Statistika Terapan & Indikator Kesehatan "