Pengantar Kimia Dasar


Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang materi, bab dua tentang atom, bab tiga tentang asam dan basa, bab empat tentang senyawa kimia, bab lima tentang reaksi kimia, bab enam tentang larutan dan konsentrasi larutan, bab tujuh tentang konsentrasi pengenceran, dan bab delapan tentang sistem periodik.  Pengertian kimia secara umum adalah ilmu yang mempelajari tentang materi (struktur, susunan/komposisi, dan sifat), perubahan materi dan energi yang menyebabkan terjadinya perubahan materi. Pengetahuan tentang kimia terdahulu membahas “bagaimana” kimia ditemukan secara tiba-tiba, namun pada saat ini pengetahuan  kimia  modern menjawab “mengapa” selain dari “”bagaimana” perubahan bahan kimia. Pengetahuan ini berlandaskan prinsip dan teori, dan penguasaan prinsip kimia memerlukan pendekatan sistematik.  Setiap manusia adalah kumpulan materi. Kita semua menempati ruang, dan kita menggambarkan massa kita dengan istilah bobot (berat), suatu sifat yang berhubungan. Semua objek di sekeliling  kita terdiri atas materi. Cahaya matahari bukan materi, melainkan suatu bentuk energi.

Setelah mempelajari tentang materi, sekarang kita perlu mengetahui  tersusun  dari apa materi itu? Jika kita berbicara tentang apa yang ada di dalam materi, maka kita pasti akan berpikir, jika materi itu terus dipotong dan dipotong sampai bagian terkecilnya, apa yang akan didapat? Memotong sampai bagian terkecil bukan berarti hanya sampai bagian yang tampak saja namun juga sampai bagian yang tidak tampak sekalipun.  Berdasarkan perkembangan ilmu kimia dan perkembangan atom, diketahui bahwa di dalam materi ada terdapat begitu banyaknya atom. Atom tidak dapat dilihat dengan kasat mata (dilihat secara langsung) karena ukuran dan bentuknya yang sangat kecil. Atom berasal dari kata, A: Tidak,  Tomos: memotong. Dinamakan atom karena dianggap tidak  dapat dipecah atau dipotong-potong lagi. John Dalton adalah seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris yang mengatakan bahwa reaksi kimia dapat terjadi akibat penggabungan dan pemutusan atom-atom dimana jumlah atom yang terlibat adalah tertentu dan persenyawaan serta pemisahan atom-atom tersebut memenuhi hukum perbandingan tetap.


Buku Pengantar Kimia Dasar ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish. Lihat koleksi buku lainnya di : Toko Buku Online Machidolia


Buku Pengantar Kimia Dasar

PengarangLilis Rosmainar Tambunan
PenerbitDeepublish
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuKimia
ISBN978-602-453-917-7
Ukuran14×20 cm
Halamanx, 124 hlm
HargaRp 88000
KetersediaanPesan Dulu
 Tahun Terbit 2018


Posting Komentar