Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Human Capital Management Era 5.0

 

Human capital, adalah pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan seseorang yang dapat digunakan untuk menghasilkan layanan profesional. Human capital mencerminkan kemampuan kolektif perusahaan untuk menghasilkan solusi terbaik berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh orang-orang yang ada dalam perusahaan tersebut.

Social capital, merupakan syarat penting untuk menggerakkan sebuah organisasi, bahkan untuk pembangunan. Untuk itu, social capital harus dikenali dan dikembangkan pula. Konsep social capital dapat diterapkan untuk upaya pemberdayaan masyarakat. Social capital menjadi semacam perekat yang mengikat semua orang dalam masyarakat. Di dalamnya berjalan “nilai saling berbagi” (shared values) serta pengorganisasian peran-peran (rules) yang diekspresikan dalam hubungan-hubungan personal (personal relationships), kepercayaan (trust), dan common sense tentang tanggung jawab bersama.

Konsep Human Capital Management (HCM) menjawab pemikiran bagaimana seseorang mempunyai kompetensi sesuai dengan jabatan/posisi kerjanya dengan menempatkan insan pekerja yang bertalenta tinggi untuk menempati jabatan/posisi yang cocok dengan talenta mereka. Teori ini menganggap bahwa profit bisnis berkembang dan berkelanjutan ketika perusahaan mampu menghasilkan barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik ketimbang yang ditawarkan para pesaingnya.

Pendekatan HCM sebagai suatu sistem dirancang untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang bersinambung melalui pengembangan karyawan. Tidak semua peran penting dalam suatu perusahaan memiliki derajat yang sama dalam menciptakan kepuasan pelanggan dan pemegang saham. Namun yang terpenting ketika menempatkan peran kinerja karyawan terhadap perusahaan maka mereka harus memiliki kemampuan terbaiknya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan ketimbang karyawan di perusahaan pesaingnya.

Pada buku referensi ini, penulis menguraikan mengenai manajemen HCM pada sisi pemanfaatan teknologi pada era society 5.0, yaitu bagaimana teknologi digital dapat membantu kehidupan sosial para pegawai suatu organisasi pada 9 tahap pembentukan Human capital management. Di samping penguraian secara teoretis, juga penulis mencoba melengkapi dengan kasus-kasus yang sesuai serta hasil penelitian lainnya. Buku ini sangat cocok dijadikan referensi oleh para Dosen MSDM, serta para mahasiswa dalam pembelajaran maupun penulisan skripsi, tesis, atau disertasi. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi para praktisi MSDM, konsultan manajemen, Instansi Pemerintah, Swasta, dan bahkan bagi para pengusaha.

Buku Human Capital Management Era 5.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish. 

Dapatkan buku-buku terbitan Penerbit Deepublish yang original dan berkualitas hanya di Toko Buku Online Machidolia. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap, kamu pasti mendapatkan buku yang di cari.

Toko Buku Machidolia tersedia di Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli.  Silahkan pilih marketplace favorit Kakak dengan mengklik link tersebut.

Buku Human Capital Management Era 5.0

PengarangDr. Ir. Waseso Segoro, M.M.,
InstitusiUniversitas Gunadarma
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuManajemen
ISBN978-623-02-0331-2
Ukuranvi, 161 hlm
Halaman17.5×25 cm
HargaRp 107.500
PenerbitDeepublish
Tahun 2019


Posting Komentar untuk " Human Capital Management Era 5.0 "