Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah ayat 1 - 5

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberika hidayah kepada kita semua. Shalawat dan Salam semoga tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya.

Surah Al-Baqarah

Surah Al-Baqarah merupakan surat makkiyah yang terdiri atas 286 ayat. Kenapa surah ini disebut makkiyah, karena surah ini diturunkan di kota Mekkah (Makkah, secara resmi bernama Makkah al-Mukarramah).

 ﷽

  ۚ الۤمّۤ

Alif Lam Mim.

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ

Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

 ۙ الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ

(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,

وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ وَبِالْاٰخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَۗ

dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat.

اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.


Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah 1 - 5

1. "Alif Lam Mim" Allah yang lebih mengetahui maksudnya.

2. "Kitab (Al-Qur'an) ini," yaitu Al-Kitab yang dibacakan Muhammad ini, "tidak ada keraguan," tidak ada kebimbangan, "padanya," bahwa kitab ini berasal dari Allah. Rangkaian kalimat nafi ini (laa raiba fih) adalah khabar, yang mubatada'-nya adalah kata penunjuk, "ini". kata penunjuk ini menunjukkan makna mengangungkan. "petunjuk," kata ini sebagai khabar kedua, yaitu sebagai petunjuk "bagi mereka yang bertakwa," yaitu mereka yang bertakwa dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan untuk melindungi diri dari siksa neraka.

3. "(Yaitu) mereka yang beriman," membenarkan "kepada yang gaib," yakni sesuatu yang tak kasatmata, seperti kebangkitan, surga, neraka. "Melaksanakan shalat," yaitu menunaikan shalat dengan memenuhi seluruh kewajiban-kewajibannya, "dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka." Mereka menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka dalam ketaatan kepada Allah.

4. "Dan mereka yang beriman kepada yang diturunkan kepadamu (Muhammad)," yaitu Al-Qur'an, "dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau," yaitu Taurat, Injil dan lainnya. "Dan mereka yakin akan adanya akhirat." yaitu mereka mengetahui adanya akhirat.

5. "Merekalah," orang-orang yang disebut dengan ciri-ciri tersebut diatas, "yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." Mereka meraih surga dan selamat dari neraka.

Posting Komentar untuk "Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah ayat 1 - 5"