Harga Dalam Ekonomi Islam (Studi Perbandingan Harga)

Buku Harga dalam Ekonomi Islam (Studi Perbandingan Harga) |Dalam konsep ekonomi, baik dari sisi ekonomi Islam maupun ekonomi konvensional, mereka memberikan perhatian penting terhadap harga itu sendiri, karena harga merupakan tolak ukur dari barang atau jasa yang dipertukarkan (Kamiruddin, 2018, p. 110). Kamaruddin mengutip pendapat Philip Kotler yang mengatakan bahwa harga adalah nilai atau uang yang ditekankan pada barang atau jasa yang ditukar dari konsumesi atas benda tersebut (Kamiruddin, 2018, p. 110), dia juga mengutip pendapat Rahmat Syafe’i yang mengatakan bahwa harga terjadi setelah hal pokok yang dibutuhkan ketika transaksi akad dilaksanakan karena berpengaruh terhadap pertukarang barang, jasa dengan nilai tersebut, dan dapat terjadi apabila terjadinya kesepakatan dari kedua pelaku akad (Kamiruddin, 2018, p. 110)

Sasaran dalam penetapan harga adalah berorientasi pada keuntungan dengan cara, Pertama, maksimalisasi keuntungan, Kedua. Keuntungan yang memuaskan, Ketiga. Target pengembalian investasi (return on investment). Selain itu juga penetapan harga dengan sasaran yang berorientasi penjualan yaitu; Pertama. pangsa pasar dan kedua, maksimalisasi penjualan serta penetapan harga dengan sasaran status quo yaitu mempertahankan harga yang telah ada atau menyesuaikan diri dengan harga pesaing. (Kamiruddin, 2018, p. 110)

Penyusunan buku ini penulis membahas/menggambarkan sekilas berkaitan  konsep harga dan berbagai fenomenanya. Menanyangkan  pembahasan tentang harga dalam konsep fiqh maupun konvensional. Buku ini memberikan kajian hukum terhadap praktik harga secara syar’i bagi muslim, sehingga dapat mengetahui yang haqq/sah secara agama  dan bathil/batal  Pembahasannya  diawali  dari  pengertian dan konsep Islami dan konvensional, dan tidak lupa memperkenalkan sejarah ungkapan harga, tokoh-tokoh Islam dan Barat pengembang konsep harga, kemudian mengenengahkan harga yang adil di berbagai sisi, serta praktik harga di tengah masyarakat.

Buku Harga dalam Ekonomi Islam (Studi Perbandingan Harga) ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish. 

Buku ini dijual di toko buku Machidolia , toko online yang menjual buku berkualitas dan original serta merupakan Reseller resmi dari penerbit Deepublish.   Machidolia tersedia di marketplace Favorit kamu seperti 👉  ShopeeTokopedia, dan Lazada   ðŸ‘ˆ.  Silahkan klik link nya ya untuk checkout.

Buku Harga Dalam Ekonomi Islam (Studi Perbandingan Harga)

PenulisFarida Arianti, M.Ag
PenerbitDeepublish
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuAgama Islam
ISBN978-623-02-3632-7
Ukuran15.5×23 cm
Halamanx, 193 hlm
HargaRp. !55.000
Tahun2021





Posting Komentar