Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Ajar Embriologi Manusia

 

Bahan Ajar Embriologi Manusia

Pengarang

Nuriah Arma, Nelly Karlinah dan Efrida Yanti

Penerbit    

Deepublish

Kategori

Buku Ajar

Bidang Ilmu

Kebidanan dan Keperawatan

ISBN

978-602-401-115-4

Ukuran

15.5×23 cm

Halaman

xii, 447 hlm

Harga

Rp 176.000

Embrio adalah organisme yang berkembang dari waktu pembuahan sampai akhir minggu kedelapan kehamilan, ketika disebut janin. beberapa definisi menggambarkan tahap embrio hanya mencangkup dari implantasi sampai minggu kedelapan, dengan tahap-tahap awal disebut “pra-implantasi”. Buku ajar ini disusun berdasarkan kurikulum s-1 Kebidanan Ajaran 2015-2016. diharapkan buku ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi mahasiswa program studi sarjana kebidanan se-indonesia. buku ini kami persembahkan untuk mendukung perkembangan pendidikan dan menambah ilmu mahasiswa.

Buku ajar ini membahas tentang beberapa pembahasan, yaitu gametogenesis, ovulasi dan implantasi, cakran mudigah bilaminer dan trilaminer, masa embriogenik dan masa janin, perubahan pada trofooblas, malformsi kongenital, sistem rangka, otot dan rongga tubuh, sistem kardiovaskuler, sistem urogenital, kepala dan leher, sistem pencernaan, sistem intergumen, dan telinga serta mata. Buku ini akan membahasa secara detail proses berkembangnya segala sistem penyusun tubuh manusia mulai dari prosesnya hingga fungsi dari sistem tersebut.

Sedikit penjelasan dari materi terakhir buku ini adalah proses pembentukan telinga dan mata. Telinga terdiri dari tiga bagian yang memiliki asal berbeda beda, tetapi berfungsi sebagai satu unit. Telingan dalam berasal dari vesikula otika yag pada minggu keempat perkembangan terlepas dari ectoderm permukaannya. Vesikula ini terbagi menjadi komponen ventral yang membentuk sakulus dan duktus koklearis dan komponen dorsal yang membentuk utrikulus kanalis semisirkularis dan duktus endolimfatikus. Karena itustruktur epitel yang terbentuk dikenal secara keseluruhan sebagai labirin membranosa.

Kecuali duktus koklearis yang membentuk organ corti, semua struktur yang bersals dari labirin membranosa berperan dalam keseimbanga. Telinga tengah yang terdiri dari kavitas timpani dan tuba auditiva, dilapisi oleh epitel yang berasal dari endoderm dan berasal dari kantong faring pertama. Mata mulai terbentuk sebagai sepasang kantong luar yang akan menjadi vesikula optika di kedua sisi otak depan pada akhir minggu keempat perkembangann.

PESAN SEKARANG DI    SINI! untuk marketplace tokopedia.  Sedangkan jika menggunakan shopee, silahkan klik link ini.










Posting Komentar untuk "Bahan Ajar Embriologi Manusia"