Manajemen BOS di Papua

#deepublish #bukumahasiswa #bukuajar #bahanajar #bukuoriginal #bukumurah #Machidolia #ManajemenBOSdiPapua #Manajemen #ManajemenBOS

Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat, khususnya masyarakat miskin terhadap pendidikan yang berkualitas, adalah program pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat agar dapat menempuh pendidikan hingga ke jenjang tertinggi. Program yang diluncurkan pada tahun 2005 ini, selain diklaim sukses dalam menuntaskan program wajib belajar sembilan tahun, ternyata juga membawa persoalan baru bagi sekolah dan penyelenggara pendidikan. Salah satu kelemahan dalam pengelolaan dana BOS adalah penyaluran atau distribusi dana yang seringkali mengalami keterlambatan. Hasil penelitian UNESCO International Institute for Educational Planning (IIEP) dan the United Nations Children’s Fund (UNICEF) menunjukkan bahwa keterlambatan datangnya penyaluran dana BOS bukan hanya menyebabkan permasalahan administrasi tetapi juga memengaruhi manajemen dan jalannya sekolah.

Problema manajemen BOS ini makin terasa pada sekolah-sekolah kecil di daerah terpencil, seperti di Papua. Buku Manajemen BOS di Papua ini bertujuan memberikan temuan hasil penelitian dan rekomendasi praktik-praktik terbaik dalam mengimplementasikan dan mengelola program BOS di daerah terpencil, seperti di Dekai (Yahukimo, Papua). Buku ini mengadopsi Evaluasi Efektivitas Program Scheerens dan Kerangka Implementasi Strategi Pendidikan Bybee dalam menganalisis efektivitas implementasi program BOS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi belum terealisasi, baik sosialisasi dari kabupaten kepada sekolah, maupun sosialisasi dari sekolah kepada komite dan para orang tua siswa, dan monitoring dan supervise yang akseptabel untuk mendukung sosialisasi yang berpedoman pada ketentuan panduan mulai dari tahap persiapan, penerapan, sampai dengan pelaporan, mutlak diperlukan.

Pembahasan hasil temuan dan implikasi praktis dalam buku ini dapat menjadi referensi bagi para pengambil kebijakan dan pelaksana program BOS di daerah terpencil, guna memastikan hak pendidikan masyarakat terpenuhi dengan baik

Buku Manajemen BOS di Papua ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.

Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Machidolia. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.

Kelebihan kami :

  1. Buku Baru
  2. Original
  3. Pengiriman Cepat
  4. Stok selalu tersedia
  5. Packing aman & rapi
  6. Garansi 100% jika produk rusak/cacat/tidak sesuai KAMI GANTI atau UANG ANDA KEMBALI

Daftar Isi Buku Manajemen BOS di Papua:

  1. Bab 1 : Model Penyaluran dan Distribusi bantuan Operasional Sekolah ( BOS)
  2. Bab 2 : Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
  3. Bab 3 : Efektivitas Implementasi Program Pendidikan
  4. Bab 4: Kefaktualan
  5. Bab 5: Tata Proses Pendalaman Manajemen BOS
  6. Bab 6: Ulas Tuntas Manajemen Bantuan Operasional di Papua
  7. Bab 7: Interpretasi Implementasi Manajemen Program BOS
  8. Bab 8: Intisari Umum
Buku ini tersedia di Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.  Silahkan klik link tersebut jika akan order buku tersebut.

Buku Manajemen BOS Di Papua

PenulisEvy Marlyn Saalino, S.Si., S.Pd., M.A.P.
Milcha Handayani Tammubua, S.E., M.M.
Ari Warokka, Ph.D., M.Sc., MDEM., MCEUE., D.E.A.
Penerbit Deepublish
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuManajemen
ISBN978-623-02-4908-2
Ukuran15.5×23 cm
Halamanx, 116 hlm
KetersediaanPesan Dulu
Tahun2022

 









Posting Komentar