Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Harus Ditanyakan Kepada Ahli Digital Forensics ?

Buku Apa Yang Harus Ditanyakan Kepada Ahli Digital Forensics ? (Panduan bagi Praktisi Hukum)

Seiring dengan perkembangan atas penggunaan teknologi informasi di masyarakat maka perkara-perkara yang berkaitan dengan bukti elektronik akan meningkat pula secara eksponensial. Ketika perbuatan-perbuatan yang dilakukan di jagat digital ternyata menimbulkan akibat hukum secara nyata adalah suatu keniscayaan bahwa di masa depan akan semakin banyak perkara-perkara yang berkaitan dengan penggunaan bukti elektronik yang masuk ke pengadilan. Jaminan terhadap keandalan dan integritas sebuah bukti elektronik hanya dapat dibuktikan oleh seorang ahli digital forensics. Buku ini bertujuan agar para praktisi hukum dapat menggali keterangan dari ahli digital forensics secara maksimal sehingga tujuan dihadirkannya seorang ahli yaitu untuk menjadikan terangnya suatu perkara dapat terwujud.

Ius curia novit yang diartikan sebagai ‘hakim tahu hukumnya’ adalah sebuah prinsip peradilan yang mengandung makna bahwa seorang hakim dianggap tahu mengenai hukum. Prinsip peradilan tersebut mengandung spirit yang harus dimiliki oleh seorang hakim agar dirinya senantiasa mengikuti perkembangan masyarakat dan terus belajar serta memahami perkembangan-perkembangan tersebut. Dengan semangat ius curia novit maka hanya ada satu jawaban terhadap kondisi kekinian dari masyarakat dalam jagat digital yaitu seorang hakim (dan praktisi hukum) harus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Buku ini pertama-tama berisi tentang konsep-konsep dasar dari digital forensics, dimulai dari sejarah cybercrime, relasi antara digital forensics dengan cybercrime, tahapan pada digital forensics, rekonstruksi definisi ahli digital forensicsbest practices dalam framework pada digital forensicsmethod validation, dan pada muaranya adalah penjelasan tentang pertanyaan-pertanyaan apa saja yang harus ditanyakan kepada seorang ahli digital forensics. Melalui buku ini, penulis menyusun pertanyaan-pertanyaan yang seharusnya ditanyakan kepada ahli digital forensics dengan didasarkan kepada tahapan-tahapan yang ada pada digital forensics dengan maksud agar pertanyaan-pertanyaan yang disusun terdiri atas pertanyaan yang runtut sehingga dapat dipahami atau mungkin dapat dihafalkan secara mudah dan natural. Besar harapan penulis bahwa buku ini dapat menjadi panduan bagi para praktisi hukum, dapat menjadi tambahan literatur bagi para akademisi serta bermanfaat bagi masyarakat secara umum.

Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Machidolia. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.

Kelebihan kami :

*Buku Baru
*Original
*Pengiriman Cepat
*Stok selalu tersedia
*Packing aman & rapi
*Garansi 100% jika produk rusak/cacat/tidak sesuai KAMI GANTI atau UANG ANDA KEMBALI

Untuk pembelian, silahkan chat admin di sini

Buku Apa Yang Harus Ditanyakan Kepada Ahli Digital Forensics ? (Panduan Bagi Praktisi Hukum)

PenulisRizky Aulia Cahyadri, S.H.
PenerbitDeepublish
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuHukum
ISBN978-623-02-2408-9
Ukuran14×20 cm
Halamanxiv, 199 hlm
HargaRo. 88.000
Tahun2021

Untuk pembelian, silahkan chat admin di sini




 



Posting Komentar untuk "Apa Yang Harus Ditanyakan Kepada Ahli Digital Forensics ?"