Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NIKAH BEDA AGAMA, DILARANG OLEH AGAMA & NEGARA

Pernikahan beda agama masih menjadi polemik hangat di tengah-tengah masyarakat saat ini, seperti terjadi belakangan ini.  Lalu bagaimana kita sebagai seorang muslim dalam bersikap.  Didalam alquran sudah dijelaskan sejak ribuan tahun lalu bahwa  tidak boleh  seorang muslim/muslimah menikah dengan yang berbeda agama. seperti dijelaskan di surat. Al-Baqarah: 221.


وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّىٰ يُؤْمِنَّ ۚ وَلَأَمَةٌ مُؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكَةٍ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ ۗ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّىٰ يُؤْمِنُوا ۚ وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ ۗ أُولَٰئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ ۖ وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِ ۖ وَيُبَيِّنُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ (البقرة: 221)

Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahi laki-laki musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (QS. al-Baqarah: 221)

Serta di Undang-undang No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan pasal 2 ayat 1 menyatakan:

Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.

Posting Komentar untuk " NIKAH BEDA AGAMA, DILARANG OLEH AGAMA & NEGARA"