Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori dan Aplikasi)

 








Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori dan Aplikasi)

Konseling memungkinkan konseli mendapatkan layanan langsung tatap muka (secara perorangan) dalam rangka pembahasan pengentasan masalah pribadi yang dialami konseli. definisi konseling sedikit berbeda dalam pemaknaan aktualnya, cara terbaik memahami definisi yang sesungguhnya dari sebuah konseling adalah jika konselor dapat memenuhi fungsi-fungsi yang ditentukan oleh definisi tersebut. Konseling memiliki beberapa pendekatan yang dikembangkan oleh ahli ahli dalam bidang konseling. Beragam macam pendekatan konseling tentunya berbeda pemahaman konsep dan pengaplikasiannya. Masing masing dari pendekatan konseling memiliki konsep tersendiri sebagai pembeda antara pendekatan yang satu dengan yang lain. Dalam buku ini mengkaji secara mendalam dari sejarah berdirinya masing masing pendekatan konseling hingga bagaimana prosedur atau cara mengaplikasikan pendekatan konseling tersebut.

Konseling merupakan kegiatan dalam rangka memberikan pelayanan kepada konseli yang membutuhkan bantuan. Pelayanan yang yang dimaksud adalah suatu usaha profesional untuk membantu (helping); upaya pemberian bantuan di sini diberikan kepada konseli yang memang membutuhukan bantuan penyelesaian masalah. Konseling sebagai profesi bantuan dilandaskan pada berbagai teknik yang khas dan khusus yang di balut dalam suatu pertemuan khusus (existencial affairs) dengan maksud agar orang lain tadi memungkinkan lebih efektif mengahadapi berbagai macam problem yang ada dalam diri manusia. Konseling tidak terlepas dari ilmu dan juga seni. Konseling sebagai ilmu tidak terlepas dari hal-hal ilmiah, keilmiahan konseling berkenaan dengan pendeskripsian data, analisis, dan pengkajian berbagai macam tingkah laku. Sisi seni menurut Brammer mengacu kepada unsur-unsur intuitif dan perasaan jalinan hubungan interpersonal yang didasarkan pada kemanusiaan dan daya cipta seni

Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama pendahuluan, bab kedua psikoanalisa, bab ketiga behavioral, bab keempat eksistensial humanisme, bab kelima client center, bab keenam gestalt, bab ketujuh analisis transaksional, bab kedelapan trait factor, bab kesembilan konseling rasional emotif behavior, bab kesepuluh realita, bab kesebelas konseling berfokus pada solusi solution focus brief counseling (sfbc) dan bab terakhir alfred adler.

Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi)

PengarangM. Andi Setiawan
Institusi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuPsikologi
ISBN978-602-475-808-0
Ukuran15.5×23 cm
Halamanxii234 hlm
HargaRp 130000
KetersediaanPesan Dulu
Tahun Terbit 2018

Buku Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi) ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.

Segera dapatkan buku ini dengan harga termurah, langsung dari penerbit di toko buku Machidolia

Daftar Isi dari buku ini dapat dilihat di bawah ini,







Posting Komentar untuk " Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori dan Aplikasi) "