Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengembangan Budi Daya Kepiting Bakau Di Kaltara

 

Kepiting banyak diminati karena daging kepiting yang lezat dan juga menyehatkan. Daging kepiting mengandung nutrisi penting bagi kesehatan. Meskipun mengandung kolesterol, makanan ini rendah kandungan lemak jenuh dan merupakan sumber Niacin, Folate, dan Potassium.

Kepiting bakau merupakan salah satu komoditi perikanan yang memiliki nilai ekonomis. Dahulu kepiting hanya dianggap sebagai hama tambak oleh masyarakat di Kaltara. Saat ini menjadi primadona karena harga jualnya yang tinggi dan masih melimpah di wilayah ini.

Buku ini merupakan hasil dari beberapa penelitian penulis dan hasil beberapa peneliti kepiting yang dihimpun untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Buku ini mengambarkan tentang perkembangan budi daya kepiting yang ada di Indonesia dan upaya pengembangan yang dapat di lakukan di Provinsi Kalimantan Utara. Komoditi yang berlimpah akan menjadi masalah di kemudian hari jika tidak dikelola dengan baik. Buku ini menuntun untuk pengembangan budi daya kepiting bakau dengan memanfaatkan kondisi alam yang ada di Kaltara yaitu tambaktambak tradisional. Tambak tradisonal di Kaltara merupakan wadah budi daya yang unik dan tidak terdapat di daerah lain. Petakannya yang luas, bentuknya yang tidak beraturan, mengandalkan pasang surut tinggi untuk pengisian airnya, dan masih ada tumbuhan mangrove di sekeliling tanggul dan di dalam tambak.

Buku ini terdiri dari enam Bab. Pada Bab pertama dan kedua dipaparkan mengenai pendahuluan dan pemanfaatan mangrove. Pada Bab ketiga dan keempat dipaparkan mengenai kepiting bakau dan potensi kepiting bakau. Pada Bab kelima dan keenam dipaparkan mengenai pembenihan kepiting bakau dan pembesaran kepiting bakau.

Buku Pengembangan Budi Daya Kepiting Bakau Di Kaltara ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish. 

Dapatkan buku-buku terbitan Penerbit Deepublish yang original dan berkualitas hanya di Toko Buku Online Machidolia. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap, kamu pasti mendapatkan buku yang di cari.

Toko Buku Machidolia tersedia di Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli.  Silahkan pilih marketplace favorit Kakak dengan mengklik link tersebut

Buku Pengembangan Budi Daya Kepiting Bakau Di Kaltara

PengarangDr. Heppi Iromo
InstitusiUniversitas Borneo Tarakan
PenerbitDeepublish
Bidang IlmuPerikanan dan Kelautan
ISBN978-623-02-0152-3
Ukuran15.5×23 cm
Halaman

xii, 67 hlm


Posting Komentar untuk " Pengembangan Budi Daya Kepiting Bakau Di Kaltara "