Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CIRI ORANG YANG MENDAPAT HIDAYAH

1️⃣. Semangat Dalam Mempelajari Ilmu Agama :

Orang yang mendapat hidayah, hidupnya senantiasa haus akan ilmu agama.

Setiap saat ia merasakan semangat untuk belajar dan mengaji. Begitulah cara Allah memberikan hidayah kepada hambanya, melalui rasa semangatnya dalam belajar dan mengaji. Karena agama islam itu bukan hanya sekedar di yakini, melainkan juga harus di fahami.

📚 Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda :

مَنْ يُرِدْ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

“Barang siapa di kehendaki Allah untuk menjadi baik, maka Allah akan memahamkannya dalam masalah agama.”

📚 [HR. Ibnu Majah].

2️⃣. Istiqomah Dalam Beribadah :

Orang yang mendapatkan hidayah akan istiqomah atau konsisten dalam menjalankan perintah-perintah Allah.

Ia akan merasa nikmat saat beribadah kepadanya. Lain halnya dengan orang yang jauh dari hidayah Allah, hidupnya jauh dari ibadah kepada Allah dan cenderung lebih suka melakukan perbuatan dosa dan maksiat, na'udzubillah.

📖 Allah SWT berfirman :

وَمَنْ يَعْتَصِمْ بِاللَّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلى صِراطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Barang siapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah di beri petunjuk kepada jalan yang lurus.”

📖 [QS. Ali Imran: 101].

3️⃣.Selalu Sabar Menghadapi Cobaan :

Orang-orang yang mendapatkan hidayah, akan tahan menghadapi berbagai ujian kehidupan yang di hadapinya, terutama ujian yang pahit.

Dia sadar bahwa hidup ini memang ujian, silih bergantinya antara susah dan senang, sedih dan bahagia, tangis dan tawa, dan masih banyak lagi. Sabar, tentunya hal ini harus kita jadikan acuan. Karena hanya orang-orang yang sabarlah yang Allah berikan petunjuk, sabar tanpa mengeluh sedikitpun. 

📖 Allah SWT berfirman :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ, الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ, أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

“Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, ( yaitu ) orang-orang yang apabila di timpa musibah mereka mengucapkan : "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un." Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

📖 [QS. Al-Baqarah: 155-157].

Posting Komentar untuk " CIRI ORANG YANG MENDAPAT HIDAYAH "