Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah 6 - 7

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberika hidayah kepada kita semua. Shalawat dan Salam semoga tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya.

Surah Al-Baqarah

Surah Al-Baqarah merupakan surat makkiyah yang terdiri atas 286 ayat. Kenapa surah ini disebut makkiyah, karena surah ini diturunkan di kota Mekkah (Makkah, secara resmi bernama Makkah al-Mukarramah).

Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah ayat 6 - 7

Pada ayat ini menjelaskan tentang orang-orang kafir, berikut tafsir ayat tersebut.

6. "Sesungguhnya orang-orang kafir,"seperti Abu Jahal, Abu Lahab dan lainnya, "sama saja bagi mereka, apakah engkau (Muhammad) beri peringatan," (susunan kalimatnya) dengan menyebut dua hamzah (a-andzartahum), atau mengganti hamzah kedua dengan alif sehingga dibaca panjang (aandzartahum), atau tanpa memanjangkannya. "atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman," karena Allah mengetahui perihal mereka. Maka dari itu, janganlah engkau terlalu mengharapkan mereka beriman. Indzaar adalah pemberitahuan disertai ancaman.

7. "Allah telah mengunci hati," maksudnya Allah menutup dan mengunci hati mereka sehingga tidak ada satu kebaikan pun yang masuk ke dalamnya. "dan pendengaran mereka," yaitu tempat pendengaran mereka, sehingga mereka tidak bisa memetik manfaat dari kebenaran yang mereka dengarkan, "penglihatan mereka telah tertutup," yaitu ada penutup di penglihatan mereka sehingga mereka tidak dapat melihat kebenaran. "Dan mereka akan mendapat azab yang berat" yaitu siksaan yang keras dan selamanya.

Posting Komentar untuk "Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah 6 - 7"