Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah 49


 

 Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberika hidayah kepada kita semua. Shalawat dan Salam semoga tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan salah satu kitab tafsir yang terkenal, yaitu Tafsir Jalalain dari Surah Al-Baqarah.

Surah Al-Baqarah

Surah Al-Baqarah merupakan surat makkiyah yang terdiri atas 286 ayat. Kenapa surah ini disebut makkiyah, karena surah ini diturunkan di kota Mekkah (Makkah, secara resmi bernama Makkah al-Mukarramah).

Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah ayat 49

49. "Dan," ingatlah "ketika Kami menyelamatkan kamu," yaitu kakek moyang kalian. Khithab ini dan khitab selanjutnya adalah ditujukan kepada orang-orang yang ada pada masa nabi kita untuk mengingatkan  kepada mereka berbagai  kenikmatan yang Allah karuniakan kepada kakek moyang mereka agar mereka beriman, "dari (Fir'aun) pengikut-pengikut Fir'aun. Mereka menimpakan," membuat kalian merasakan "siksaan yang sangat berat kepadamu," siksaan yang paling berat. Rangkaian kalimat ini adalah hal (keterangan keadaan) dari kata ganti pada lafal najjaynaakum (نَجَّيْنَاكُمْ), "Mereka menyembelih," kalimat ini merupakan penjelasan untuk kata-kata sebelumnya, "anak-anak laki-lakimu," yang baru dilahirkan, "dan membiarkan hidup," membiarkan "anak-anak perempuanmu," gara-gara perkataan sebagian dukun kepada Fir'aun bahwa akan ada seorang bayi yang dilahirkan di tengah-tengah Bani Israil yang akan menjadi penyebab lenyapnya kerajaan Fir'aun. "Dan pada yang demikian itu," siksa atau keselamatan, "merupakan cobaan yang besar," yakni uijan dan nikmat, "dari Tuhanmu."

Posting Komentar untuk "Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah 49"