Ikhtiologi: Ikan dan Segala Aspek Kehidupannya

Ikhtiologi: Ikan dan Segala Aspek Kehidupannya 

Ikhtiologi merupakan mata kuliah dasar yang wajib dan sebagai mata kuliah dalam Kurikulum Nasional Bidang Perikanan & Kelautan Menurut Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Perikanan & Kelautan Seluruh Indonesia. Mata kuliah ini membahas tentang ikan dan segala aspek kehidupannya. Selama penulis di masa mengikuti perkuliahan hingga sekarang ini, bacaan tentang ikhtiologi masih disajikan dalam cetakan berbentuk diktat sederhana yang terpisah antara ikhtiologi sistematika yang membahas tentang pengelompokan ikan dan ikhtiologi fungsional yang membahas tentang system-system organ tubuh ikan.

Maksud utama penulis menyusun buku ikhtiologi ini adalah untuk memberikan bantuan kepada para mahasiswa, peneliti dan yang tertarik memahami ikan dan segala aspek kehidupannya dalam sebuah buku acuan berbahasa Indonesia dengan pembahasan lebih komfrehensif dan diharapkan dapat memperkaya pengetahuan di bidang ini, dimana beberapa catatan penting dari beberapa literature telah termasuk di dalamnya. Namun demikian untuk menambah wawasan khususnya para mahasiswa dianjurkan mencari literatur lainnya sebagai pelengkap secara aktif.

Dalam garis besarnya buku Ikhtiologi ini terbagi atas 12 bab. Bab 1 berupa pendahuluan yang menjelaskan tentang ruang lingkup ikhtiologi, ikan dan kanekaragaman habitatnya, bab 2 menjelaskan tentang ikhtiologi dan perkembangan studinya, sejarah, pentingnya ilmu ikhtiologi, dan sistem penamaan ikan; bab 3 menjelaskan tentang pengelompokan utama ikan yang disertai dengan gambar- gambar beberapa ikan yang umum ditemukan di Indonesia; bab 4 sampai dengan bab 12 berturut-turut menguraikan tentang sistem integumen, sistem otot (urat daging), sistem rangka, sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem integrasi, sistem urogenital, dan sistem reproduksi.

PengarangProf. Andi Iqbal Burhanuddin, M.Fish.Sc., Ph.D
InstitusiUniversitas Hasanuddin
KategoriBuku Refrensi
Bidang IlmuPerikanan & Kelautan
ISBN978-602-280-514-4
UkuranA5
Halamanxxxi, 430 hlm
HargaRp.115.500
#ikhtiologi   #machidolia   #perikanan  #perikanandankelautan  
Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan wa ke nomor 085156566085



Posting Komentar