Buku Statistika Dengan R


Buku Statistika Dengan R 

“R” sebenarnya bukan bahasa pemrograman yang baru. Setidaknya R telah dikembangkan secara intensif sejak 10 tahun yang lalu, sebagai pengembangan bahasa pemrograman “S” di Bell Laboratories. Tepatnya R adalah bahasa pemrograman yang telah didesain ulang untuk memudahkan analisis statistika. Menurut situs R project, R adalah bahasa dan lingkungan untuk komputasi statistik dan grafis. R adalah proyek berjenis open source GNU. Entah apa yang dipikirkan oleh sang pembuat dengan memberi nama karyanya hanya dengan satu huruf. Tapi apalah arti sebuah nama.

Statistika Deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Dua hal yang sangat penting dalam Statistika Deskriptif yaitu Ukuran Pemusatan, Penyebaran, dan Penyajian data.

Buku ini terdiri dari tujuh Bab. Pada Bab pertama dipaparkan mengenai pendahuluan. Yang membahas mengenai sekilas sejarah R, R dan Markdown, Karakter R, Komunitas pengguna R, Kebiasaan yang Dianjurkan, Instal R dan RStudio dan Memulai R.

Pada Bab kedua dipaparkan mengenai Statistika Deskriptif. Statistika Deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Dua hal yang sangat penting dalam Statistika Deskriptif yaitu Ukuran Pemusatan, Penyebaran, dan Penyajian data.

Pada Bab ketiga dipaparkan mengenai Uji Normalitas Dan Homogenitas. Sedangkan pada Bab keempat dipaparkan mengenai Uji Statistik T. Untuk membandingkan nilai tengah populasi dengan nilai tertentu atau dengan nilai tengah populasi lainnya bisa dilakukan dengan uji z. Namun uji z hanya bisa digunakan apabila data berdistribusi normal serta ragam populasi diketahui. Pada kenyataannya, jarang sekali kita bisa mengetahui nilai parameter suatu populasi dengan pasti, sehingga kita hanya bisa menduga parameter populasi tersebut dari sampel yang kita ambil. Pada Bab kelima, keenam dan ketujuh dipaparkan mengenai Anova, Korelasi dan Regresi.

PengarangMuhammad Taqwa, S.Pd., M.Pd. & Akbar Taufik, S.Pd., M.Pd.
InstitusiSTKIP Andi Matappa
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuPendidikan
ISBN978-623-02-0377-0
Ukuran20×29 cm
Halaman

viii, 180 hlm

HargaRp 118.000
KetersediaanPesan Dulu
Tahun 2019

Pemesanan bisa dilakukan ke nomor WA 085156566085

#statistik #deepublish #machidolia

Posting Komentar