Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah 38 - 39

 

 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberika hidayah kepada kita semua. Shalawat dan Salam semoga tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan salah satu kitab tafsir yang terkenal, yaitu Tafsir Jalalain dari Surah Al-Baqarah.

Surah Al-Baqarah

Surah Al-Baqarah merupakan surat makkiyah yang terdiri atas 286 ayat. Kenapa surah ini disebut makkiyah, karena surah ini diturunkan di kota Mekkah (Makkah, secara resmi bernama Makkah al-Mukarramah).

Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah ayat 38 - 39

38. "Kami berfirman, 'Turunlah kamu semua dari surga!" Allah mengulang firman ini agar firman berikut terhubung kepadanya: "Kemudian jika," (فَإِمَّا) meng-idgham-kan (memasukkan) nuun syarthiyah ke dalam mim (ما) za'idah (tambahan), "Benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu," kitab dan rasul, "maka barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku," lalu ia beriman kepada-Ku dan melaksanakan amal ketaatan kepada-Ku, "Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati," di akhirat dengan memasuki surga.

39. "Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami," kitab Kami, "mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya," mereka tinggal untuk selamanya, tidak akan mati ataupun keluar.

Posting Komentar untuk "Tafsir Jalalain Surah Al-Baqarah 38 - 39"