Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Pengadaan Barang/Jasa merupakan suatu pengetahuan yang dibutuhkan oleh siapa saja, digunakan dimana saja, dan kapan saja. Tidak ada satupun instansi pemerintah yang tidak terkait dengan pengadaan barang/jasa, demikian pula dengan perusahaan swasta, hampir semua usaha yang terkait/bekerja sama dengan pemerintah juga pasti memerlukan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang Pengadaan Barang/Jasa tersebut. Olehnya itu, sebaiknya setiap orang dapat memahami dunia Pengadaan Barang/Jasa tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberi manfaat yang besar bagi kita semua.

Tulisan dalam buku ini sangat lengkap karena berisi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mulai dari tahapan perencanaan, sampai dengan tahap akhir bahkan sampai dengan tahapan audit serta contoh-contoh kasus yang sering terjadi dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Penulisan yang sederhana disertai pendapat-pendapat para ahli juga memperkaya isi buku ini sehingga sangat baik untuk menjadi referensi bagi pihak-pihak yang terlibat dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah termasuk dari kalangan swasta. Penyajian dan isi yang termuat dalam buku ini kami nilai sangat lengkap dan komprehensif mulai dari rencana pengadaan, proses pengadaan, penerimaan dan penyimpanan, serta pemakaian dan manajemen aset terhadap tiga kelompok transaksi yaitu transaksi pembelian barang dan jasa, transaksi penerimaan barang/jasa dan transaksi pengeluaran atau penggunaan barang/jasa.

Sehingga hemat kami, buku ini wajib dimiliki oleh siapa saja yang tertarik dan berkecimpung dalam dunia pengadaan barang dan jasa pemerintah. Buku ini disusun dengan mempedomani lima kegiatan utama sebagai cakupan aktivitas pengadaan yaitu rencana pengadaan, proses pengadaan, penerimaan dan penyimpanan, serta pemakaian dan manajemen aset dan tiga jenis transaksi yaitu transaksi pembelian barang dan jasa, transaksi penerimaan barang/jasa dan transaksi pengeluaran atau penggunaan barang/jasa. Sehingga para pelaku dan para pihak terkait pengadaan barang dan jasa dapat meningkatkan profesionalisme dan kompetensinya. Disamping itu, semua pihak dapat menghindari dan mencegah praktik-praktik korupsi, kolusi dan nepotisme dalam rangka menciptakan iklim berbisnis yang sehat.


Pengarang : I Putu Jati Arsana
xxv, 426 hlm.; Uk:14x20 cm
ISBN 978-602-401-581-7
Tahun terbit 2016
Penerbit Deepublsh

Posting Komentar untuk "Buku Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah"