Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Ajar Aljabar Linear Elementer

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang matriks, bab dua tentang determinan, bab  tiga tentang sistem persamaan linear (Spl), bab empat tentang ruang vector, ba  lima tentang ruang hasil kali dalam, bab enam tentang transformasi linear, dan bab tujuh tentang nilai eigen dan vektor eigen.

Aljabar matriks dikembangkan oleh matematikawan Inggris yang bernama Arthur Cayley (1821-1895) tahun 1857. Beliau juga yang pertama kali menghubungkan antara matriks dan transformasi matriks. Matriks berkembang pesat dan dapat digunakan dalam cabang matematika lainnya, bidang ekonomi, industri dan transportasi. Adapun indikator-indikatornya adalah mahasiswa mampu menyatakan pengertian matriks; membedakan baris dan kolom suatu matriks; menentukan elemen-elemen suatu matriks; menentukan dua buah matriks yang sama; menyatakan bentuk umum dari suatu matriks; membedakan jenis-jenis matriks; menjumlahkan matriks-matriks; menentukan selisih dua buah matriks dengan menggunakan penjumlahan; menyatakan sifat perkalian matriks dengan skalar; menentukan syarat perkalian matriks; menentukan hasil kali beberapa matriks; menyatakan sifat-sifat perkalian matriks.

Matriks dan determinan dipakai pada bidang pengetahuan karena peranannya dalam menyelesaikan sistem persamaan linear. Untuk memahami sifat-sifat matriks lebih lanjut maka perlu pembahasan tentang determinan. Matriks dan determinan mempunyai hubungan erat. Walaupun demikian tidak semua matriks mempunyai determinan, hanya matriks bujursangkar yang mempunyai determinan. Pada pembahasan bab ini diawali dengan pengertian determinan kemudian dilanjutkan dengan sifat-sifat determinan. Selain itu di sini juga dibahas tentang bagaimana menentukan determinan dengan ordo lebih dari 3 baik dengan menggunakan sifat-sifat determinan, dengan minor dan kofaktor maupun cara yang lain. Kompetensi dasar dari bab ini adalah mahasiswa mampu memahami pengertian determinan dan sifat-sifatnya, serta cara menentukan nilai suatu determinan. Adapun indikator-indikatornya adalah mahasiswa mampu menentukan permutasi ganjil atau genap; menentukan determinan matriks berordo 2 atau 3;  menyelesaikan persamaan determinan matriks berordo 2 atau 3; menentukan determinan matriks berordo 3 dengan aturan Sarrus; menggunakan sifat-sifat determinan untuk menentukan determinan; menentukan kofaktor; menggunakan kofaktor untuk menghitung nilai determinan.

Pengarang Gandung Sugita dan Anggraini
ISBN 978-602-475-022-0
Ukuran 15.5×23 cm
Halaman x, 285 hlm
Harga Rp. 153.000
Penerbit Deepublish
Untuk Order, silahkan kunjungi Machidolia Bookstore

Posting Komentar untuk "Buku Ajar Aljabar Linear Elementer"